Untuk meningkatkan performa x-ride ada beberapa cara yang di lakukan selain bore up, yaitu dengan ubahan di area CVT, selain penggantian Roller bisa juga dilakukan mengganti Per CVT Standar menggunkan Per CVT Racing dengan ukuran yang berVariasi , kali ini saya mencoba ganti Per CVT Bawaan dengan menggunakan Produk dari
Kawahara dengan ukuran 1500RPM yang saya beli kemaren dengan harga 85 ribu, konon katanya dengan mengganti per cvt ke ukuran 1500rpm ini mampu meningkatkan sedikit reposibilitas dari motor, tapi jika belum di coba pasti ga bakal kerasa perubahannya, oke kita langsung saja ke proses penggantian nya, Untuk penggantian Per CVT ini memiliki tingkat kesulitan yang lumayan Sulit, karena untuk proses ini di perlukan Kunci Khusus pembuka CVT tapi jika tidak punya seperti saya bisa menggunakan Kunci PIPA, atau harus rela Mur pengunci Per CVT di Tap agar mur terbuka.
Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membongkar CVT seperti postingan saya yang sebelumnya (buka) , pengerjaan di fokus kan ke area secondary Sheave tempat di mana Per CVT Itu berada. Jika Area Secondary Sheave sudah terbuka dan kampas ototmatis dan per CVT Sudah terlapas, langsung aja ke proses penggantian nya,
Per CVT Standar
Perbandingan Per CVT Standar dan Per CVT Racing terlihat per racing lebih tinggi
Secondary Sheave
Kampas Otomatis
Per Racing 1500rpm
Per Racing Sudah Terpasang
PENGUJIAN
**CATATAN PENTING
Perlu di ketahui mungkin pengujian saya ini akan berbeda dengan yang lain mengingat kondisi motor,track/kondisi jalan dan berat badan rider pun sangat berpengaruh kehasil uji coba. mengingat kondisi jalan di sukabumi itu jarang sekali track lurus lebih banyak tanjakan maka kemungkinan besar hasil yang di capai jika anda mencoba akan berbeda.
pengujian ini saya lakukan dengan kondisi motor baru ganti Oli mesin, Filter udara menggunakan Filter udara Standar yang saya modif menggunakan busa (modifikasi Filter udara X-ride) , Bahan Bakar Pertamax, Berat badan 64kg, Ban Depan 80/80 ban Belakang 100/90, stelan CO standar . Kondisi Jalan sedikit track lurus lebih banyak tanjakan,
PENGUJIAN DENGAN ROLLER STANDAR 8GRAM
Setalah semuanya terpasang kembali saatnnya melakukan ujicoba, uji coba pertama saya mempertahankan Roller Bawaan (8gram), pada saat uji coba terasa tarikan sedikit berbeda dari Sebelumnya Peningkatan tarikan sangat terasa, bukaan gas pertama untuk mencapai kecepatan dari 40kpj-60kpj terAsa sangat cepat dan dari 60-80kpj pun sama lebih respon dari sebelumnya, pengujian di lakukan di track lurus dengan jarak kira-kira 200meter, Selanjutnya saya uji lagi di track yang lebih panjang kira-kira 500meter dan tarikan pun sangat bagus, akslerasi meningkat dari seblumnya walupun jalan dalam keadaan sedikit ramai dengan mobil, Rx-robo mampu bermanufer dengan baik dan kecepatan maximal yang bisa di capai tadi di angka 90kpj, sbenernya bisa saja lebih dari 90kpj tapi karena kondisi jalan yang tidak kosong jadi saya hanya berani di kecepatan maximal 90kpj saja, dari hasil yang tadi saya coba dengan pengganti PEr CVT ini di rasakan akselerasi lebih mantap dari pada menggunkan Per standar
PENGUJIAN DENGAN ROLLER 6 Gram
Pengujian kedua saya lakukan dengan menggunkan Roller 6 gram Merk TDR rata, di Track yang sama, pada saat pegujian dari 0-40kpj terasa sangat cepat namun untuk mencapi 60kpj agak keteteran dan untuk mencapi angka 80 kpj pun aga sulit, menurut saya 6 gram dan per cvt 1500rpm kurang begitu cocok.
UPDATE 17-4-2014
Pengujian Dengan Roller 7 Gram
Setelah mencoba berberapa Roller, akhirnya hari ini saya punya kesempatan untuk mecoba Roller 7gram untuk di ujicoba, Hasil yang di peroleh dengan menggunakan Roller 7 gram sangat memuaskan buat saya, dari tarikan awal motor sangat responsif, bukaan gas sedikit saja sangat enteng, sedikit buka gas langsung naik dari angka 20kpj-40kpj-60kpj sangat responsif itupun dengan jarak yang sangat kalau di kira-kira panjang track kurang dari 40meter, karena baru keluar dari gang masuk jalan raya betot gas langsung naik ke angka 60kpj, yang sebelumnya setelah menguji dengan Roller dari 6gram,8gram,8/10gram,9gram,9.5 gram dengan jarak sependek itu ga bisa naik di angka 60kpj, untuk naik lebih atas pun engga keteteran, masih jarak kurang dari 100meter motor udah bisa sampe angka 80kpj, dan gas pun belum full di tarik, begitu juga tadi dengan mencoba sedikit mengankat ban depan sedikit , di tarikan bawah , lumayan ban depan bisa ngangkat, ya walaupun suara dari CVT sedikit mendengung untuk tarikan awal, mungkin mesin masih penyesuaian, tapi suara mengdengung itu hilang, pada saat motor sudah berada di kecepatan 60 kpj di atas, So dengan uji coba kali ini menggunakan Roller 7gram menurut saya sangat memuaskan sekali
UPDATE
Pengujian Dengan Roller 9 Gram
Pengujian Roller 9 gram saya menggunakan Roller merk Kitaco, yang saya rasain setelah menggunakan Roller 9 gram, pada saat pegujian buka gas sedikit dari 0-20kpj terasa sangat responsif pada kecepatan ini motor terasa loncat apalagi pada saat melewati polisi tidur motor sedikit ngangkat ban depannya, sebelum ganti per cvt 1500rpm dan Roller ini motor saya tidak bisa "loncat-loncat" lumayan lah motor sedikit Standing, masuk ke kecepatan 40kpj-60kpj-80kpj pun lumayan cepat namun lewat dari itu terasa kurang ngisi tarikan atasnya , ini saya tes melalui jalan yang banyak tanjaknnya, dan juga tadi sempat di tes jajal track tanah, walaupun pake ban standar dengan kombinasi ini lebih enak karena tarikan bawahnya ngisi Track tanah pun bisa di lewati dengan mudah, berbeda sekali dengan menggunakan Roller dan per CVT Bawaan, Menurut saya Menggunakan Roller ini sangat Enak sekali, karena bawah nya lebih ngisi dari pada roller 8gr dan 6gr yang sebelumnya di Uji.
Update
Pengujian Dengan Roller 9.5 Gram
Pengujian Dengan Roller 9.5 Gram
Pengujian Roller 9,5 gram saya menggunakan Roller Mio J, yang saya rasain setelah menggunakan Roller 9,5 hampir smsa dengan menggunakan Roller 9gram tidak ada perubahan yang signifikan di motor, hanya terasa lebih berisi saja pada saat tarik gas, apalagi pas tanjakan, sedikit lebih ngisi dari pada roller 9gram
Pengujian Dengan Roller 8/10 Gram
Pengujian Roller 8/10gram, Seperti postingan yang sbelumnya yang pernah bahas mix roller 8/10 gram, motor lebih responsif, jarak kurang dari 20 meter saja kecepatan motor sudah naik di angka 60kpj , tarikan bawah sama tengah nya ngisi, cuman namanya roller di mix, ada sedikit Vibrasi kecil di tarikan awal dan hilang sendirinya begitu motor jalan. tapi tetap saja ga senyaman pada saat menggunakan Roller 9 gram.
Update 20-07-2014
Pengujian Dengan Roller 7/9 Gram
Setelah kemaren puas dengan pengujian Roller 7gram rata, kali ini saya melakukan kembali Uji coba dengan menggunakan Roller kombinasi 7gram/9gram , pengujian dengan kombinasi ini yang saya dapet dari tarikan bawah emang tidak begitu responsif dari pada Roller 7gram , untuk dapet tarikan sampe 20kpj-40kpj Slow but sure, tapi begitu naik di atas 40kpj mulai teras berbeda dari Roller yang udah di Ujicoba sebelumnya, kali ini yang saya rasakan Tarikan Tengah nya mulai terisi, dari angka 40kpj-60kpj-80kpj dst nya sangat mulus sekali dan ga butuh waktu lama, Roller yang sudah saya ujicoba sebelumnya rata-rata responsif di tarikan bawah dan tengah saja, untuk roller 7/9gram ini sedikit berbeda bawahnya tidak terlalu bagus, tapi untuk tarikan tengah dan atas nya terasa lebih bagus dari sebelumnya, dari angka 40-80kpj sangat cepat, saya rasakan. kesimpulanya kalau mau cari tarikan tengah dan atas bisa coba kombinasi roller ini, oh iya kombinasi roller ini sama sekali tidak menimbulkan Vibrasi kalau sebelumnya pada saat menggunakan Roller 8/10 ada sedikit Vibarsi untuk roller ini saya rasakan tidak ada Vibrasi sama sekali
**Catatan Kecil
dalam pengujian Semua Roller ini pun saya melakukan beberapa kali penggantian Filter Udara dari yang After market Merk F dan filter Modifikasi busa, dan dari yang saya rasakan Tarikan paling enak hanya saya temukan di Filter Modifkasi busa, dari pada menggunakan Filter After market tersebut, nafas motor tersa lebih baik, dan ke tenaga pun sangat bagus,
NANTIKAN UPDATE - UPDATE SELANJUTNYA DI JALUR OFFROAD
Update 20-07-2014
Pengujian Dengan Roller 7/9 Gram
Setelah kemaren puas dengan pengujian Roller 7gram rata, kali ini saya melakukan kembali Uji coba dengan menggunakan Roller kombinasi 7gram/9gram , pengujian dengan kombinasi ini yang saya dapet dari tarikan bawah emang tidak begitu responsif dari pada Roller 7gram , untuk dapet tarikan sampe 20kpj-40kpj Slow but sure, tapi begitu naik di atas 40kpj mulai teras berbeda dari Roller yang udah di Ujicoba sebelumnya, kali ini yang saya rasakan Tarikan Tengah nya mulai terisi, dari angka 40kpj-60kpj-80kpj dst nya sangat mulus sekali dan ga butuh waktu lama, Roller yang sudah saya ujicoba sebelumnya rata-rata responsif di tarikan bawah dan tengah saja, untuk roller 7/9gram ini sedikit berbeda bawahnya tidak terlalu bagus, tapi untuk tarikan tengah dan atas nya terasa lebih bagus dari sebelumnya, dari angka 40-80kpj sangat cepat, saya rasakan. kesimpulanya kalau mau cari tarikan tengah dan atas bisa coba kombinasi roller ini, oh iya kombinasi roller ini sama sekali tidak menimbulkan Vibrasi kalau sebelumnya pada saat menggunakan Roller 8/10 ada sedikit Vibarsi untuk roller ini saya rasakan tidak ada Vibrasi sama sekali
**Catatan Kecil
dalam pengujian Semua Roller ini pun saya melakukan beberapa kali penggantian Filter Udara dari yang After market Merk F dan filter Modifikasi busa, dan dari yang saya rasakan Tarikan paling enak hanya saya temukan di Filter Modifkasi busa, dari pada menggunakan Filter After market tersebut, nafas motor tersa lebih baik, dan ke tenaga pun sangat bagus,
NANTIKAN UPDATE - UPDATE SELANJUTNYA DI JALUR OFFROAD
ini keadaan mesin standar apa sudah di bore up dengan hasil seperti ini ?
BalasHapusItu 7 gran semua boleh?
BalasHapusmas, klo utk tarikan bawah enakan roller brp gram ya?
BalasHapustolong respon
mau order per cvt 1500rpm ama roler 8grm untuk mio sporty .motor masih std.
BalasHapusmau order per cvt 1500rpm ama roler 8grm untuk mio sporty .motor masih std.
BalasHapushub ane di +6282221495855
ane ada nih 081219620622
BalasHapusAda nggak roller racing 7 gram buat mtr fino 125 om ?
BalasHapussumber sertakan donk. jangan sekedar copas aja gan.
BalasHapusowner blog xriderindonesia.blogspot.com
klo pake roller yg 11gr gmna Kang..??
BalasHapusMau nanya nihh kalo buat beat esp new loler setandar nya tuh 15 grm . Kalo di ganti loler yg cocok loler brapa yahh yg tarikan awal sampe ahir dapet
BalasHapusYang berape gram paling cocok untok mengejar top speed untok NVX 155
BalasHapusbang mau nanya nih kalo belom di bore up tapi pasang per cvt 1500 RPM dan roller di bawah standar 2gr ngefek ga ke mesin
BalasHapusbang mo nanya .fino 125 ku kmrn ganti roler kombinasi 9dan7gr ko suaranya jdi keras yah ??
BalasHapuscoba kalau mix 7/10 gram mesin standar xride 113cc, respon buka bukaannya gimana gan? ditunggu balasannya..
BalasHapus