
Kali ini Vw mau bahas tentang cara murah dan mudah menambah akselerasi bawah pada motor x ride/mio J dan sejenisnya (YMJET-FI).. ini termasuk keluhan vw sewaktu kemarin main bersama anak istri ke daerah pegunungan.. vw berhasil di kerjain motor.Waktu sebelum berangkat ke pegunungan.. vw mengganti roller dan vbelt baru.. karena roller yang sebelumnya sudah sedikit terkikis. Di pilihlah roller baru non ori merk k***h*** 8Gr sesuai setandar bawaan Xride.karena roller ori harus indent.. Setelah selesai pemasangan. Untuk jalanan datar memang tidak terlalu berasa ada penurunan akselerasi awal, tapi tenaga agak nahan.. ya mungkin fikir vw, lagi penyesuaian part baru.. nah setelah beberapa hari setelahnya.. ketika diajak ke daerah daerah Puncak II, jalan tembusan jonggol-taman Bungan cipanas. Yang jalurnya sangat aduhai.. banyak tanjakan dan tikungan..Nah di sini vw bersama istri mulai di kerjain sama ini motor..
motor berat banget di tanjakan, sampe benar-benar gak mau nanjak..alhasil istri dan anak turun dan harus jalan kaki di tanjakan.. asli kesel banget.. untung istri bisa mengendarai motor, padahal ini motor sudah di modif tinggi.. untuk seukuran perempuan, motor ini bikin jinjit balet.. alhasil sekitar 5km vw sama istri gantian jalan kaki pas tanjakan.. dalam hati kesel sendiri “apa yang salah sama ini motor” padahal sebelum di ganti roller baru sama vbelt baru tarikan masih galak.. tanjakan pun di libas dengan mudah..”ini mau jalan2 apa olah raga” keringetan sampe basah kuyup..
Nahh… kemarin sabtu mulai bongkar2 cvt, penasaran apa yang salah..Memperbaiki sendiri dan Bikin analisa sendiri, ya walaupun ngawur biarkan saja.. yang penting belajar memperbaiki dan mencari apa yang salah. gak ada salahnya.. DIY (do it yourself)… kalau ngandelin bengkel mulu, ya mending klo lagi banyak uang.. xixixi.. yasudah bongkar sendiri..vw curiga roller merk(K) gak cocok sma ini motor.. soalnya di pinggiran roller ada cap / emboss yang bikin ini roller gak bisa gerak sempurna, karena pinggiran yang kasar.. “yang punya roller tersebut coba liat deh pinggirannya” beda dengan roller ori yang sisi kanan kirinya mulus.. alhasil, roller ori yang sudah sedikit gak mulus di pakai kembali..
Nah ini dia Tips nya, agar tarikan awal semakin enteng.. vw mengganti ring as antara rumah roller dan kipas dengan kepunyaan mio karbu. Ring ini lebih tebal dari ring ori Yamaha x ride.
Bedanya hapir dua kali lipat. Secara teori, jika menggunakan ring standar posisi rumah roller dan kipas jadi rapet, maka vbelt akan naik.. dan sebaliknya jika menggunakan ring agak tebal.. rumah roller dan kipas akan semakin renggang.. maka vbelt akan semakin turun.. Lalu lingkaran vbelt di depan akan semakin mengecil.. gak beda jauh sama sepedah MTB, semakin kecil posisi gear depan maka semakin ringan ketika goes di tanjakan. Nah ini gak jauh berbeda seperti itu teori nya..






Gan kalo kita ganti ring yg agak besar apa gak cepat kendur panbelnya itu nanti ya, infonya gan trims
BalasHapus